Minggu, 09 Oktober 2011

Misteri Tenggelamnya Kapal Layar Mary Celeste

kapal layar tenggelamMary Celeste sebuah kapal layar diluncurkan di Nova Scotia pada tahun 1860. Nama aslinya adalah “Amazon”. Panjang keseluruhan 103 ft berat 280 ton dan tercatat sebagai “a half-brig”. Selama 10 tahun berikutnya kapal antik ini sudah terlibat dalam beberapa kecelakaan laut dan telah berpindah tangan dari sejumlah pemilik. Akhirnya dia muncul di lelang New York di mana ia dibeli sebesar $ 3.000.Setelah perbaikan ekstensif ia berada di bawah perawatan Amerika dan berganti nama menjadi “Mary Celeste”.
mary celeste
Kapten baru Mary Celeste adalah Benjamin Briggs, 37, seorang guru dengan tiga perintah sebelumnya. Pada November 7, 1872 kapal berangkat ke New York dengan kapten Briggs dan istrinya, anak muda dan delapan awak. Kapal itu penuh dengan 1700 barel alcohol baku Amerika menuju Genoa, Italia. Itulah pelayarannya yang terakhir dan kapten, keluarganya serta kru tidak pernah terlihat lagi. Kapal itu kemudian ditemukan mengapung di bagian tengah Selat Gibraltar. Tidak ada tanda-tanda barang hilang, semua dokumen ada kecuali log kapten hilang.
Pada awal tahun 1873, dilaporkan bahwa dua sekoci Spanyol, satu dengan bendera Amerika, yang satunya berisi lima mayat. Telah diduga bahwa ini bisa saja sisa-sisa kru Mary Celeste. Namun, mayat-mayat itu tampaknya tidak pernah diidentifikasi. Fakta unik tenggelamnya Kapal Mary Celeste masih menjadi misteri  manusia dan merupakan kejadian aneh yang belum terjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar